Kamis, 27 November 2014

Figur Masyarakat dan Pengertian ISD

Figur Masyarakat yang saya kagumi …
Figur masyarakat atau tokoh masyarakat adalah sebuah tameng untuk masyarakat setempat itu sendiri, dan figur atau tokoh masyarakat yang saya kagumi sendiri adalah seorang laki-laki ber umur kurang lebih sekitar 49 th yang bernama Bapak Mulyanto berlatar belakang keluarga yang serba seadanya atau kelas menengah kebawah. Dia ditinggal istrinya sekitar 7 th yang lalu dan dia membesarkan ke 5 anaknya dengan sendiri tanpa meminta atau mengemis belas bantuan dari orang lain.
Di balik semua itu saya mengagumi dia karna dia orang yang ramah, taat beragama dan memiliki jiwa social yang sangat besar. Kegiatan membuang sampah pada tempatnya membersihkan semua tempat yang di anggap tidak rapi mungkin itu adalah bagian dari kesenangannya.
Mencari nafkah hanya dengan bekerja menjadi seorang cuci mobil yang tidak jelas berapa penghasilannya  perhari tetapi dia mampu menjadikan anak-anaknya taat beragama dan tetap membantu sesama. Memberi ilmu pendidikan tanpa mengharapkan imbalan kepada semua warga setempat itulah aksi terhebat yang saya kagumi.

 ISD (Ilmu Sosial Dasar) ..
Ilmu social dasar adalah pengetahuan yang mempelajari tentang cara manusia berkomunikasi atau berhubungan dengan satu sama lain, dan mempelajari tentang masalah-masalah social, khususnya masalah-masalah yang terjadi pada masyarakat Indonesia.
Masalah-masalah social yang dihadapi masyarakat tidaklah sama, hal ini disebabkan perbedaan tingkat perkembangan kebudayaan masyarakat dan keadaan lingkungan alam dimana masyarakat itu hidup. Masalah-masalah tersebut dapat berupa masalah social, moral, politik, ekonomi, agama dll. Sebagai mahluk social berkomunikasi atau berhubungan antar sesama haruslah terjalin dengan harmonis agar tercipta manusia yang peduli terhadap sesama.
Tujuan ilmu social dasar dapat memahami masalah social yang ada di dalam masyarakat dan untuk membantu perkembangan wawasan pemikiran dan kepribadian agar wawasannya lebih luas, khususnya berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi sesama manusia serta sikap dan tingkah laku seseorang terhadap orang yang bersangkutan secara timbal balik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar