Kamis, 13 Oktober 2016

Tugas PBO



Class Dalam Aplikasi Toko Baju Online

A. Toko Baju Online
Media informasi yang didapatkan oleh pengunjung adalah melalui brosur dan pamflet-pamflet dan rekomendasi teman. Hal ini dirasakan kurang menunjang kebutuhan karena mereka tidak bisa setiap saat melakukan pengecekan produk di Toko Baju. Para konsumen sangat senang dengan barang yang baru terutama sepatu yang sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat, khususnya model-model baru yang sedang menjadi trend.Selain itu dikarenakan banyaknya Toko. Baju,mengakibatkan konsumen membutuhkan waktu yang lama untuk mencari harga dan produknya sesuai dengan kriteria konsumen.Untuk memecahkan masalah yang terjadi, maka diperlukan suatu sistem yang dapat menangani permasalahan tersebut, salah satunya yaitu dengan membangun aplikasi e-commerce.
Dimana dalam aplikasi ini terdapat beberapa aktor yang aktif diantaranya  :
a. Admin
b. Costumer
c. Pemilik Toko

B. Class
Class diagram adalah sebuah class yang menggambarkan struktur dan penjelasan class, paket, dan objek serta hubungan satu sama lain seperti containment, pewarisan, asosiasi, dan lain-lain. Class diagram juga menjelaskan hubungan antar class dalam sebuah sistem yang sedang dibuat dan bagaimana caranya agar mereka saling berkolaborasi untuk mencapai sebuah tujuan.
Class juga memiliki 3 area pokok (utama) yaitu : nama,atribut,dan operasi. Nama berfungsi untuk member identitas pada sebuah kelas, atribut fungsinya adalah untuk member karakteristik pada data yang dimiliki suatu objek di dalam kelas, sedangkan operasi fungsinya adalah memberikan sebuah fungsi ke sebuah objek . Dalam mendefinisikan metode yang ada di dalam kelas harus diperhatikan yang namanya Cohesion dan Coupling, Cohesion adalah ukuran keterkaitan sebuah instruksi di sebuah metode, Coupling adalah ukuran keterkaitan antar metode. Di dalam class diagram terdapat hubungan antar kelas secara konseptual, yang disebut Relasi antar Class, di UML disediakan macam-macam relasi antar Class, diantaranya: Asosiasi (Hubungan statis antar kelas), Agregasi (hubungan dari keseluruhan objek), Generalisasi (relasi beberapa subkelas ke super kelas), Dependency (keterhubungan tiap kelas.)
Berikut membuat diagram class, diagram ini menggambarkan class-class dalam sebuah system dan hubungannya antara satu dengan yang lain serta dimasukan pula atribut-atribut dari setiap actor dan operasi yang dilakukan oleh actor tersebut.




                                                               Class Diagram Menu Utama
 
Dalam diagram menu utama di perlihatkan user atau si pemakai untuk login kemenu utama dalam system aplikasi tersebut sudah dirancang dengan melakukan input dan edit untuk data barang dan system dapat menyimpan data transaksi untuk menampilkan laporan transaksi penjualan kepada pemilik toko.




                                                                     Class Diagram Admin

pada diagram admin  ini berperan untuk mengupdate informasi dan mengelola data baju yang akan dijual lalu  membuat laporan transaksi.



                                                                 Class Diagram Costumer
 
Pada costumer ini akan memesan barang dan memilih baju yang akan dibelinya yang kemudian berinteraksi dengan admin untuk melakukan transaksi




                                                                Class Diagram Pemilik Toko

Pemilik toko berperan untuk menerima laporan penjualan yang sudah dikelola oleh admin



                                                                         Class Diagram Baju

Berikut diagram baju dalam system yang dimana informasi tentang data baju lengkap dengan memasukan kode, id, jenis, nama, dan harga baju yang akan dijual


                                                                    Class Diagram Transaksi

Diatas adalah diagram transaksi yang dimana konsumen melakukan transaksi dan melakukan beberapa tahap untuk membeli baju di toko online tersebut


Tidak ada komentar:

Posting Komentar