Senin, 21 Maret 2016

MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI



Manajemen Layanan Sistem informasi adalah metode pengelolaan sistem teknologi informasi yang terpusat pada perspektif konsumen layanan aiatem teknologi informasi terhadap bisnis perusahaan. Manajemen Layanan Sistem Informasi mempunyai standar internasional yang disebut dengan Information Technology Infrastructure Library (ITIL) yang merupakan kerangka best practice yang dapat dijadikan sebagai panduan dari referensi dalam memastikan terwujudnya manajemen pelayanan teknologi informasi (IT Service Management) yang prima dan handal.
ITSM (Information Technologyn Service Management, Manajemen Layanan Teknologi Informasi) adalah suatu metode pengelolaan sistem teknologi informasi TI yang secara filosofi terpusat pada perspektif konsumen layanan TI terhadap bisnis perusahaan, ITSM merupakan kebalikan dari pendekatan manejemen TI dan berinteraksi bisnis dengan terpusat pada teknologi.
ITSM berfokus pada  proses dan karenanya terkait dan memiliki minat sama dengan kerangka kerja metodologi gerakan perbaikan proses seperti TQM, Six Sigma,Business Process Management dan CMMI. Disiplin ini tidak memperdulikan detail pengguna produk suatu pemasok tertentu atau detail teknis suatu sistem yang dikelola, melainkan berfokus pada upaya penyedian kerangka kerja untuk menstrukturkan aktifitas terkait dengan IT dan interaksi antara personal teknis TI dengan pengguna teknologi informasi.

Beberapa proses ITSM yaitu :
  1. Bagaimana menjaga keseimbangan anatara bisnis layanan teknologi informasi sesuai dengan apa yang  dibutuhkan customer. 
  2.  Melayani dengan TI yang berkualitas dan dengan harga yang sesuai dengan keefektifan TI yang diberikan. 
  3.  Membina kerjasama yang baik antara pihak suplier dan customer dengan tidak saling mengecewakan dan dapat memberikan layanan yang terbaik.
  4. Membina dan melayani dengan tingkat kemampuan melayani sebaik-baiknya customer yang nantinya akan mempengaruhi terhadap kepuasan yang akan didapatkan customer tersebut.

Peran Manjemen Layanan Sistem Informasi :
a)    Mendukung operasi bisnis mulai dari akuntansi sampai dengan penelusuran pesanan pelanggan sistem informasi menyediakan dukungan bagi menejemen dalam operasi atau kegiatan bisnis sehari-hari.
b)    Mendukung pengambilan keputusan managerial sistem informasi dapat mengkombinasikan informasi untuk membantu manager menjalankan bisnis dengan baik.
c)    Mendukung keunggulan strategis sistem informasi dirancang untuk membantu pencapaian sasaran       strategis perusahaan dapat menciptakan keunggulan bersaing dipasar.
d)      Meningkatkan pelayanan secara global atau menyeluruh.
e)      Mampu meningkatkan persaingan  bisnis secara global.
f)       Mampu bersaing dipasar global.
g)      Membentuk kelompok kerja yang luas.
h)      Membentuk sistem delivery yang luas.
i)        Melakukan perubahan ekonomi industri.
j)        Meningkatkan produktivitas.
k)      Meningkatkan produk dan pelayanan yang inovatif dan kreatif.
l)        Menyediakan informasi secara global.
Adapun konsep dasar sistem informasi yang dapat merupakan kombinasi teratur apapun dari orang-orang hardware, software, jaringan komunikasi,dan sumber daya data yang mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam sebuah organisasi. Orang bergantung pada sistem informasi untuk berkomunikasi antara satu sama lain dengan menggunakan berbagai alat jenis fisik hardware,perintah dan prosedur pemrosesan informasi software, saluran komunikasi jaringan, dan data yang disimpan sumber daya data sejak permulaan peradaban.

Kerangka Kerja Sistem Informasi
Bidang sistem informasi melintasi banyak teknologi kompleks, konsep keprilakuan yang abstrak, dan aplikasi khusus dalam bidang-bidang bisnis serta nonbisnis yang tidak terhitung jumlahnya. Dalam kerangka kerja ada lima area pengetahuan sistem informasi berikut ini :
  • Konsep-konsep dasar, konsep dasar keprilakuan, teknis,bisnis dan manajerial termasuk mengenai berbagai komponen dan peran sistem informasi. Contohnya meliputi konsep sistem informasi dasar berasal dari  teori sistem umum, atau konsep keunggulan kompetitif yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi bisnis teknologi informasi dalam keunggulan kompetitif.
  • Teknologi Informasi, konsep-konsep utama,pengembangan, dan berbagai isu manajemen teknologi informasi yaitu meliputi hardware, software,jaringan, manajemen data, dan banyak teknologi berbasis internet.
  • Aplikasi Bisnis, penggunaan utama dari sistem informasi untuk operasi, manajemen,dan keunggulan kompetitif bisnis.
  • Proses Pengembangan, bagaimana para praktisi bisnis dan pakar informasi merencanakan, mengembangkan, dan mengimplementasikan sistem informasi untuk memenuhi peluan bisnis.
  • Tantangan manajemen, tantangan untuk secara efektif dan etis mengelola teknologi informasi pada tingkat pemakai akhir,perusahaan,dan global dalam bisnis.

Jenis-Jenis Sistem Informasi
Secara konsep, apalikasi sistem informasi yang diimplementasikan dalam dunia bisnis saat ini dapat diklarifikasikan dalam berbagai cara. Contohnya beberapa jenis sistem informasi dapat diklarifikasi sebagai sistem informasi operasi dan manajemen.
1. Sistem Pendukung Operasi
Sistem informasi selalu dibutuhkan untuk memproses data yang dihasilkan oleh dan digunakan dan dalam operasi bisnis.sistem opendukung operasi ini menghasilkan berbagai produk informasi yang paling dapat digunakan oleh manajer.
2. Sistem Pendukung Manajemen
Aplikasi sistem informasi berfokus pada penyediaan informasi dan dukungan untuk pengambilan keputusan yang efektif oleh para manajer.
3. Klasifikasi Lainnya Sistem Informasi
Beberapa kategori lainnya sistem informasi dapat mendukung baik aplikasi operasi maupun manajemen. Contohnya sistem pakar, sistem manajemen pengetahuan,sistem informasi strategis.

Fungsi Sistem Informasi
  • Area fungsional utama dari bisnis yang penting dalam keberhasilan bisnis,seperti fungsi akuntansi,keuangan,manajemen operasional,pemasaran, dan manajemen sumber daya manusia.
  • Kontributor penting dalam efisiensi operasional, produktivitas dan moral pegawai,serta layanandan kepuasan pelanggan.
  • Sumber utama informasi dan dukungan yang dibutuhkan untuk menyebarluarskan pengambilan keputusan yang efektif oleh para manajer dan praktisi bisnis.
  • Bahan yang sangat penting dalam mengembangkan produk dan jasa yang kompetitif,yang memberi organisasi kelebihan strategis dalam pasar global.
  • Peluang berkarier yang dinamis, memuaskan, serta menantang bagi jutaan pria dan wanita.
  • Komponen penting dari sumber daya, infrastruktur, dan kemampuan perusahaan bisnis yang membentuk jaringan.











Kamis, 28 Januari 2016

Tou2



Fast Moving Consumer Goods Industry in PT. Mayora Indah,Tbk 



PT.Mayora Indah Tbk merupakan kelompok bisnis yang memproduksi makanan terkemuka di Indonesia. Mayora Indah telah berkembang menjadi salah satu perusahaan Fast Moving Consumer Goods Industry yang telah diakui keberadaannya secara global . Terbukti bahwa Mayora Indah telah menghasilkan berbagai produk berkualitas yang saat ini menjadi merek-merek terkenal di dunia seperti, Kopiko,Danisa,Astor,Energen,Torabika dan lain-lain. Perusahaan ini pertama kali didirikan sejak 17 februari 1997 sebagai sebuah industry biscuit rumah sederhana sehingga sekarang mampu berkembang dengan pesat sehingga menjadi salah satu kelompok usaha yang terintegrasi di Indonesia. Perkembangan juga ditorehkan dengan merubah status perusahaan menjadi perusahaan terbuka seiring dengan pencatatan saham perusahaan untuk pertama kali di Bursa Efek Jakarta sejak 4 juli 1990. Pada tahun-tahun berikutnya perusahaan terus melakukan ekspansi cepat untuk menjadi sebuah perusahaan yang berbasis ASEAN. Salah satu usahanya yakni mendirikan fasilitas produksi dan beberapa kantor pemasaran yang terletak dibeberapa Negara di Asia Tenggara.
Produk-produk Mayora dibagi menjadi beberapa lini produk dengan merek-merek terkenal anatara lain, biscuit dengan pabrik biscuit terbesar di Asia Tenggara (marie roma,slai o’lai,better,danisa,dan sari gandum), permen nomor 1 di dunia (kopiko,kis,tamarin), wafer dan chocolate yang menjadi pelopor hadirnya wafer roll dan cokelat pasta dengan kualitas tinggi (astor,beng-beng,superstar,zupper kezu,dan choki-choki), kopi yang merupakan produsen kopi instan terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara (Torabika Brown coffe,Torabika 3inOne,Torabika cappuccino), minuman (vitazone,The pucuk harum,dan kopiko 78 c) dan beberapa varian produk lainnya saat ini produk-produk tersebut telah didistribusikan ke lebih dari 52 negara dinegara di dunia seperti America serikat, Australia, Belanda, Jerman, Jepang, Iran, Italia, Inggris, Spanyol, Korea selatan, Saudi Arabia, Portugal dan beberapa Negara lainnya.


Sruktur Organisasi PT.Mayora Indah

Organisasi adalah kumpulan dari kelompok individu yang bekerjasama untuk mencapai tujuan yang sama. Susunan organisasi dibuat berdasarkan fungsi pokok yang ada di dalam perusahaan. Struktur organisasi adalah merupakan suatu gambaran mengenai pembagian tugas,wewenang dan tanggung jawab serta hubungan kerjasama dari berbagai pihak yang terlibat dalam organisasi perusahaan, sehingga proses pencapaian tujuan akan terkoordinasi dengan baik.


Anggaran dasar perusahaan menetapkan bahwa perusahaan dipimpin oleh Direksi,dalam menjalankan tugasnya sehari-hari dibawah pengawasan Dewan Komisaris, yang semuanya diangkat oleh Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Dengan ketentuan keputusan tertinggi terletak pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Adapun tugas dan wewenang Komisaris dan Direksi adalah sebagai berikut :

Ø  Tugas dan wewenang komisaris
1.  Dewan komisaris melakukan pengawasan atas pengurusan perusahaan oleh Direksi dalam menjalankan perusahaan, melakukan pekerjaan lain sebagaimana dari waktu-waktu ditentukan RUPS dan memberikan nasihat kepada Direksi serta melakukan hal-hal lain sebagaimana ditentukan dalam anggaran dasar perusahaan.
2.   Anggota dewan komisaris baik bersama-sama maupun seendiri-sendiri setiap waktu pada jam kerja kantor perusahaan, berhak memasuki bangunan dan halaman atau tempat lain yang dipergunakan atau yang dikuasai oleh  perusahaan dan berhak memeriksa semua pembukuan,surat, alat bukti lainnya, memeriksa dan mencocokan keadaan uang kas dan lain-lain serta berhak mengetahui segala tindakan yang telah dijalankan oleh Direksi.
3.      Direksi dan setiap anggota Direksi wajib untuk memberikan penjelasan tentang segala hal tentang perusahaan yang diminta oleh anggota Dewan Komisaris sebagaimana diperlukan oleh Dewan Komisaris untuk melakukan tugas mereka.
4.   Rapat Dewan Komisaris setiap waktu berhak memberhentikan untuk sementara seorang atau lebih anggota Direksi jika anggota Direksi tersebut bertindak bertentangan dengan Anggaran Dasar dan atau peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Ø  Tugas dan wewenang Direksi
1.  Direksi bertanggung jawab penuh atas pengutusan perusahaan untuk kepentingan dan tujuan perusahaan.
2.  Setiap anggota Direksi wajib dengan itikad baik dan penuh bertanggungjawab menjalankan tugasnya dengan mentaati peraturan perundang-undangan yang berlaku.
3.   Direksi berhak mewakili perusahaan di dalam dan diluar pengadilan tentang segala hal dalam segala kejadian mengikat perusahaan dengan pihak lain dan pihak lain dengan perusahaan serta menjalankan semua tindakan baik yang mengenai perusahaan maupun kepemilikan.
4.    Untuk melakukan perbuatan hukum dimana terdapat kepentingan antara kepentingan ekonomis pribadi anggota Direksi,Dewan Komisaris atau pemegang saham, dengan kepentingan perusahaan, disyaratkan persetujuan RUPS yang diambil berdasarkan suara setuju terbanyak dari pemegang saham yang tidak mempunyai benturan.
 
 
Perusahaan berdomisili di Tangerang dengan pabrik berlokasi di Tangerang dan Bekasi kantor pusat perusahaan beralamat di gedung Mayora, JL.Tomang Raya No.21-23, Jakarta 11440. Perusahaan ini mulai beroperasi secara komersial pada bulan mei 1978, jumlah karyawan perusahaan dan anak perusahaan pada tanggal 31 Ddesember 2003,2004, dan 2005 masing-masing adalah 4.310 karyawan, 4.650 karyawan dan 5.317 karyawan. Perusahaan tergabung dalam kelompok usaha (group) Mayora. Perusahaan juga merupakan induk perusaan dengan memiliki baik secara langsung maupun tidak langsung lebih dari 50% saham anak perusahaan berikut :

1. PT.Sinar Pangan Barat (SPB) yang berdomisili di Medan, jenis usahanya industry makanan dan olahan,mulai beroperasi sejak 1991.

2.PT.Sinar Pangan Timur (SPT) yang berdomisili di Surabaya, jenis usahanya industry makanan dan olahan mulai beroperasi sejak tahun 1992.

3.PT.Torabika Eka Semesta (TES) yang berdomisili di Tangerang, jenis usahanya industry pengolahan kopi bubuk dan instan mulai beroperasi sejak tahun 1990. 

4.PT.Kakao Mas Gemilang (KMG) dimiliki TES dengan kepemilikan 56% berdomisili di Tangerang, jenis usahanya industry pengolahan biji kakao mulai beroperasi sejak tahun 1985.

5.Mayora Nederland B.V berdomisili di Belanda yang jenis usahanya jasa keuangan dan mulai beroperasi  sejak tahun 1996.



Kepemilikan 
Pertanggal 31 Desember 2013 komposisi pemegang saham perseroan adalah : PT Unita Branindo sebanyak 294.524.876 (Dua ratus Sembilan puluh empat juta lima ratus dua puluh empat ribu delapan ratus tujuh puluh enam) saham, atau 32,93% (Tiga puluh dua koma Sembilan puluh tiga persen). Selebihnya atau sebesar 599.823.113 (Lima ratus Sembilan puluh Sembilan juta delapan ratus dua puluh tiga ribu seratus tiga belas) saham, atau 67,07% (Enam puluh tujuh koma nol tujuh persen) dimiliki masyarakat terdiri dari 1.045 pemegang saham.

Organisasi Perusahaan
Organisasi saat ini sangatlah penting dalam membantu pencapaian tujuan perusahaan, karena organisasi merupakan nilai-nilai yang terjadi pedoman karyawan dalam bekerja PT.Mayora Indah,Tbk memiliki budaya organisasi mengedepankan hubungan baik dan harmonis antara stakeholders dalam perusahaan, sehingga nantinya diharapkan mampu menciptakan motivasi, inovasi dan pekerjaan yang dapat mencapai sasaran setiap pekerja dituntut untuk mengutaman mutu produksi dan menciptakan inovasi inovasi untuk memuaskan konsumen, karena karyawan PT.Mayora Indah,Tbk sudah mengikuti savety yang tepat. pekerjaan yang dilakukan PT.Mayora Indah,Tbk dikerjakan dengan rinci untuk memenuhi kualitas produknya, pekerja yang dilakukan karyawan berjalan dengan baik karena adanya kerjasama setiap tim yang solid serta semua karyawan cekatan dalam mengerjakan pekerjaan yang dikerjakan.

Produk 
PT.Mayora Indah,Tbk dan entitas anak produksi makanan dan minuman olahan produk yang dihasilkan ini diklasifikasikan dalam 6 divisi, antara lain : Divisi Biskuit, Divisi Kembang gula, Divisi wafer, Divisi Coklat, Divisi Kopi, dan Divisi makanan kesehatan seperti Energen.

Distribusi 
Dalam meningkatkan penjualan produksinya PT.Mayora Indah,Tbk memasarkan suatu produknya kekonsumen lewat sebuah perantara PT.Mayora Indah,Tbk mencoba menyesuaikan saluran distribusinya dengan kebutuhan pelanggan.

Promosi 
Untuk mengenalkan hasil produksi perusahaan PT.Mayora Indah,Tbk melakukan produksi melalui beberapa media dan secara aktif mendirikan stand di berbagai daerah dan diberbagai kegiatan yang sekitarnya dapat menarik minat konsumen terhadap hasil produksi perusahaan. Media yang digunakan oleh PT.Mayora Indah,Tbk anatara lain : berita, video, acara, foto dan iklan.
 

Visi dan misi PT.Mayora Indah
1. Untuk menjadi produsen kualitas produk makanan dan minuman yang dipercaya oleh konsumen baik dipasar domestic dan internasional, dan mengendalikan pangsa pasar yang signifikan disetiap kategori masuk.
2. Untuk memberikan nilai tambah untuk semua pemangku kepentingan perusahaan.
3. Untuk memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dan Negara tempat perusahaan beroperasi.

Penghargaan PT.Mayora Indah
·         Top 100 Exporter Companies in Indonesia dari majalah SWA.
·         Top Five Best Managed Companies (2009-2010) oleh investor magazine Indonesia.
·         Best Manufacturer of Halal product (2004) majelis ulama Indonesia.
·         Sertifikat SNI 150 9001:2008.
·         Sertifikat 150 22000:2005.



Sumber