Kamis, 28 Januari 2016

Tou2



Fast Moving Consumer Goods Industry in PT. Mayora Indah,Tbk 



PT.Mayora Indah Tbk merupakan kelompok bisnis yang memproduksi makanan terkemuka di Indonesia. Mayora Indah telah berkembang menjadi salah satu perusahaan Fast Moving Consumer Goods Industry yang telah diakui keberadaannya secara global . Terbukti bahwa Mayora Indah telah menghasilkan berbagai produk berkualitas yang saat ini menjadi merek-merek terkenal di dunia seperti, Kopiko,Danisa,Astor,Energen,Torabika dan lain-lain. Perusahaan ini pertama kali didirikan sejak 17 februari 1997 sebagai sebuah industry biscuit rumah sederhana sehingga sekarang mampu berkembang dengan pesat sehingga menjadi salah satu kelompok usaha yang terintegrasi di Indonesia. Perkembangan juga ditorehkan dengan merubah status perusahaan menjadi perusahaan terbuka seiring dengan pencatatan saham perusahaan untuk pertama kali di Bursa Efek Jakarta sejak 4 juli 1990. Pada tahun-tahun berikutnya perusahaan terus melakukan ekspansi cepat untuk menjadi sebuah perusahaan yang berbasis ASEAN. Salah satu usahanya yakni mendirikan fasilitas produksi dan beberapa kantor pemasaran yang terletak dibeberapa Negara di Asia Tenggara.
Produk-produk Mayora dibagi menjadi beberapa lini produk dengan merek-merek terkenal anatara lain, biscuit dengan pabrik biscuit terbesar di Asia Tenggara (marie roma,slai o’lai,better,danisa,dan sari gandum), permen nomor 1 di dunia (kopiko,kis,tamarin), wafer dan chocolate yang menjadi pelopor hadirnya wafer roll dan cokelat pasta dengan kualitas tinggi (astor,beng-beng,superstar,zupper kezu,dan choki-choki), kopi yang merupakan produsen kopi instan terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara (Torabika Brown coffe,Torabika 3inOne,Torabika cappuccino), minuman (vitazone,The pucuk harum,dan kopiko 78 c) dan beberapa varian produk lainnya saat ini produk-produk tersebut telah didistribusikan ke lebih dari 52 negara dinegara di dunia seperti America serikat, Australia, Belanda, Jerman, Jepang, Iran, Italia, Inggris, Spanyol, Korea selatan, Saudi Arabia, Portugal dan beberapa Negara lainnya.


Sruktur Organisasi PT.Mayora Indah

Organisasi adalah kumpulan dari kelompok individu yang bekerjasama untuk mencapai tujuan yang sama. Susunan organisasi dibuat berdasarkan fungsi pokok yang ada di dalam perusahaan. Struktur organisasi adalah merupakan suatu gambaran mengenai pembagian tugas,wewenang dan tanggung jawab serta hubungan kerjasama dari berbagai pihak yang terlibat dalam organisasi perusahaan, sehingga proses pencapaian tujuan akan terkoordinasi dengan baik.


Anggaran dasar perusahaan menetapkan bahwa perusahaan dipimpin oleh Direksi,dalam menjalankan tugasnya sehari-hari dibawah pengawasan Dewan Komisaris, yang semuanya diangkat oleh Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Dengan ketentuan keputusan tertinggi terletak pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Adapun tugas dan wewenang Komisaris dan Direksi adalah sebagai berikut :

Ø  Tugas dan wewenang komisaris
1.  Dewan komisaris melakukan pengawasan atas pengurusan perusahaan oleh Direksi dalam menjalankan perusahaan, melakukan pekerjaan lain sebagaimana dari waktu-waktu ditentukan RUPS dan memberikan nasihat kepada Direksi serta melakukan hal-hal lain sebagaimana ditentukan dalam anggaran dasar perusahaan.
2.   Anggota dewan komisaris baik bersama-sama maupun seendiri-sendiri setiap waktu pada jam kerja kantor perusahaan, berhak memasuki bangunan dan halaman atau tempat lain yang dipergunakan atau yang dikuasai oleh  perusahaan dan berhak memeriksa semua pembukuan,surat, alat bukti lainnya, memeriksa dan mencocokan keadaan uang kas dan lain-lain serta berhak mengetahui segala tindakan yang telah dijalankan oleh Direksi.
3.      Direksi dan setiap anggota Direksi wajib untuk memberikan penjelasan tentang segala hal tentang perusahaan yang diminta oleh anggota Dewan Komisaris sebagaimana diperlukan oleh Dewan Komisaris untuk melakukan tugas mereka.
4.   Rapat Dewan Komisaris setiap waktu berhak memberhentikan untuk sementara seorang atau lebih anggota Direksi jika anggota Direksi tersebut bertindak bertentangan dengan Anggaran Dasar dan atau peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Ø  Tugas dan wewenang Direksi
1.  Direksi bertanggung jawab penuh atas pengutusan perusahaan untuk kepentingan dan tujuan perusahaan.
2.  Setiap anggota Direksi wajib dengan itikad baik dan penuh bertanggungjawab menjalankan tugasnya dengan mentaati peraturan perundang-undangan yang berlaku.
3.   Direksi berhak mewakili perusahaan di dalam dan diluar pengadilan tentang segala hal dalam segala kejadian mengikat perusahaan dengan pihak lain dan pihak lain dengan perusahaan serta menjalankan semua tindakan baik yang mengenai perusahaan maupun kepemilikan.
4.    Untuk melakukan perbuatan hukum dimana terdapat kepentingan antara kepentingan ekonomis pribadi anggota Direksi,Dewan Komisaris atau pemegang saham, dengan kepentingan perusahaan, disyaratkan persetujuan RUPS yang diambil berdasarkan suara setuju terbanyak dari pemegang saham yang tidak mempunyai benturan.
 
 
Perusahaan berdomisili di Tangerang dengan pabrik berlokasi di Tangerang dan Bekasi kantor pusat perusahaan beralamat di gedung Mayora, JL.Tomang Raya No.21-23, Jakarta 11440. Perusahaan ini mulai beroperasi secara komersial pada bulan mei 1978, jumlah karyawan perusahaan dan anak perusahaan pada tanggal 31 Ddesember 2003,2004, dan 2005 masing-masing adalah 4.310 karyawan, 4.650 karyawan dan 5.317 karyawan. Perusahaan tergabung dalam kelompok usaha (group) Mayora. Perusahaan juga merupakan induk perusaan dengan memiliki baik secara langsung maupun tidak langsung lebih dari 50% saham anak perusahaan berikut :

1. PT.Sinar Pangan Barat (SPB) yang berdomisili di Medan, jenis usahanya industry makanan dan olahan,mulai beroperasi sejak 1991.

2.PT.Sinar Pangan Timur (SPT) yang berdomisili di Surabaya, jenis usahanya industry makanan dan olahan mulai beroperasi sejak tahun 1992.

3.PT.Torabika Eka Semesta (TES) yang berdomisili di Tangerang, jenis usahanya industry pengolahan kopi bubuk dan instan mulai beroperasi sejak tahun 1990. 

4.PT.Kakao Mas Gemilang (KMG) dimiliki TES dengan kepemilikan 56% berdomisili di Tangerang, jenis usahanya industry pengolahan biji kakao mulai beroperasi sejak tahun 1985.

5.Mayora Nederland B.V berdomisili di Belanda yang jenis usahanya jasa keuangan dan mulai beroperasi  sejak tahun 1996.



Kepemilikan 
Pertanggal 31 Desember 2013 komposisi pemegang saham perseroan adalah : PT Unita Branindo sebanyak 294.524.876 (Dua ratus Sembilan puluh empat juta lima ratus dua puluh empat ribu delapan ratus tujuh puluh enam) saham, atau 32,93% (Tiga puluh dua koma Sembilan puluh tiga persen). Selebihnya atau sebesar 599.823.113 (Lima ratus Sembilan puluh Sembilan juta delapan ratus dua puluh tiga ribu seratus tiga belas) saham, atau 67,07% (Enam puluh tujuh koma nol tujuh persen) dimiliki masyarakat terdiri dari 1.045 pemegang saham.

Organisasi Perusahaan
Organisasi saat ini sangatlah penting dalam membantu pencapaian tujuan perusahaan, karena organisasi merupakan nilai-nilai yang terjadi pedoman karyawan dalam bekerja PT.Mayora Indah,Tbk memiliki budaya organisasi mengedepankan hubungan baik dan harmonis antara stakeholders dalam perusahaan, sehingga nantinya diharapkan mampu menciptakan motivasi, inovasi dan pekerjaan yang dapat mencapai sasaran setiap pekerja dituntut untuk mengutaman mutu produksi dan menciptakan inovasi inovasi untuk memuaskan konsumen, karena karyawan PT.Mayora Indah,Tbk sudah mengikuti savety yang tepat. pekerjaan yang dilakukan PT.Mayora Indah,Tbk dikerjakan dengan rinci untuk memenuhi kualitas produknya, pekerja yang dilakukan karyawan berjalan dengan baik karena adanya kerjasama setiap tim yang solid serta semua karyawan cekatan dalam mengerjakan pekerjaan yang dikerjakan.

Produk 
PT.Mayora Indah,Tbk dan entitas anak produksi makanan dan minuman olahan produk yang dihasilkan ini diklasifikasikan dalam 6 divisi, antara lain : Divisi Biskuit, Divisi Kembang gula, Divisi wafer, Divisi Coklat, Divisi Kopi, dan Divisi makanan kesehatan seperti Energen.

Distribusi 
Dalam meningkatkan penjualan produksinya PT.Mayora Indah,Tbk memasarkan suatu produknya kekonsumen lewat sebuah perantara PT.Mayora Indah,Tbk mencoba menyesuaikan saluran distribusinya dengan kebutuhan pelanggan.

Promosi 
Untuk mengenalkan hasil produksi perusahaan PT.Mayora Indah,Tbk melakukan produksi melalui beberapa media dan secara aktif mendirikan stand di berbagai daerah dan diberbagai kegiatan yang sekitarnya dapat menarik minat konsumen terhadap hasil produksi perusahaan. Media yang digunakan oleh PT.Mayora Indah,Tbk anatara lain : berita, video, acara, foto dan iklan.
 

Visi dan misi PT.Mayora Indah
1. Untuk menjadi produsen kualitas produk makanan dan minuman yang dipercaya oleh konsumen baik dipasar domestic dan internasional, dan mengendalikan pangsa pasar yang signifikan disetiap kategori masuk.
2. Untuk memberikan nilai tambah untuk semua pemangku kepentingan perusahaan.
3. Untuk memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dan Negara tempat perusahaan beroperasi.

Penghargaan PT.Mayora Indah
·         Top 100 Exporter Companies in Indonesia dari majalah SWA.
·         Top Five Best Managed Companies (2009-2010) oleh investor magazine Indonesia.
·         Best Manufacturer of Halal product (2004) majelis ulama Indonesia.
·         Sertifikat SNI 150 9001:2008.
·         Sertifikat 150 22000:2005.



Sumber


 


 

Selasa, 12 Mei 2015

Tugas IBD



SEJARAH ISLAM
                Sejarah awal Agama Islam masuk ke Tanah Jawa Jauh sebelum Islam masuk ke daerah tanah Jawa, mayoritas masyasarakat di tanah jawa menganut kepercayaan animisme dan dinamisme. Selain menganut kepercayaan tersebut masyarakat Jawa juga sudah dipengaruhi oleh unsur-unsur budaya Hindu dan Budha yang berasal dari India. Seiring dengan waktu berjalan tidak lama kemudian Islam mulai masuk ke Jawa melewati Gujarat dan Persi dan ada yang berpendapat langsung dibawa oleh orang Arab, terutama pedagang dari timur tengah. Kedatangan islam di jawa dibuktikan dengan ditemukannya batu nisan kubur bernama Fatimah binti Maimun serta makam Maulana Malik Ibrahim. Saluran-saluran Islamisasi yang berkembang ada enam yaitu: perdagangan, perkawinan, tasawuf, pendidikan, kesenian, dan politik. Rumusan masalah yang akan dibahas dalam makalah ini adalah Bagaimanakah proses Islam masuk ke tanah Jawa?, Bagaimana masyarakat Jawa sebelum Islam datang?, Bagaimana peran Wali Songo dan metode pendekatannya?, Dan bagaimana Islam di Jawa paska Wali Songo? Dengan tujuan untuk mengetahui keadaan masyarakat Jawa sebelum Islam datang, peran Wali Songo di tanah Jawa dan metode pendekatannya, serta keadaan Islam di Jawa paska Wali Songo.
            Islam masuk ke Tanah jawa, Di Jawa, Islam masuk melalui pesisir utara Pulau Jawa ditandai dengan ditemukannya makam Fatimah binti Maimun bin Hibatullah yang wafat pada tahun 475 Hijriah atau 1082 Masehi di Desa Leran, Kecamatan Manyar, Gresik. Dilihat dari namanya, diperkirakan Fatimah adalah keturunan Hibatullah, salah satu dinasti di Persia. Di samping itu, di Gresik juga ditemukan makam Maulana Malik Ibrahim dari Kasyan (satu tempat di Persia) yang meninggal pada tahun 822 H atau 1419 M. Agak ke pedalaman, di Mojokerto juga ditemukan ratusan kubur Islam kuno. Makam tertua berangka tahun 1374 M. Diperkirakan makam-makam ini ialah makam keluarga istana Majapahit.
1.      Masyarakat Jawa sebelum Islam datang
a.      Jawa Pra Hindu-Budha
Situasi kehidupan “religius” masyarakat di Tanah Jawa sebelum datangnya Islam sangatlah heterogen. Kepercayaan import maupun kepercayaan yang asli telah dianut oleh orang Jawa. Sebelum Hindu dan Budha, masyarakat Jawa prasejarah telah memeluk keyakinan yang bercorak animisme dan dinamisme. Pandangan hidup orang Jawa adalah mengarah pada pembentukan kesatuan numinous antara alam nyata, masyarakat, dan alam adikodrati yang dianggap keramat.
Di samping itu, mereka meyakini kekuatan magis keris, tombak, dan senjata lainnya. Benda-benda yang dianggap keramat dan memiliki kekuatan magis ini selanjutnya dipuja, dihormati, dan mendapat perlakuan istimewa.
b.      Jawa masa Hindu-Budha
Pengaruh Hindu-Budha dalam masyarakat Jawa bersifat ekspansif, sedangkan budaya Jawa yang menerima pengaruh dan menyerap unsur-unsur Hinduisme-Budhisme setelah melalui proses akulturasi tidak saja berpengaruh pada sistem budaya, tetapi juga berpengaruh terhadap sistem agama. Sejak awal, budaya Jawa yang dihasilkan pada masa Hindu-Budha bersifat terbuka untuk menerima agama apapun dengan pemahaman bahwa semua agama itu baik, maka sangatlah wajar jika kebudayaan Jawa bersifat sinkretis (bersifat momot atau serba memuat). Ciri lain dari budaya Jawa pada saat itu adalah sangat bersifat teokratis. Pengkultusan terhadap raja-raja sebagai titisan dewa adalah salah satu buktinya. Dalam hal ini Onghokham menyatakan:
Dalam kerajaan tradisional, agama dijadikan sebagai bentuk legitimasi. Pada jaman Hindu-Budha diperkenalkan konsep dewa-raja atau raja titising dewa. Ini berarti bahwa rakyat harus tunduk pada kedudukan raja untuk mencapai keselamatan dunia akhirat. Agama diintegrasikan ke dalam kepentingan kerajaan/kekuasaan. Kebudayaan berkisar pada raja, tahta dan keraton. Raja dan kehidupan keraton adalah puncak peradaban pada masa itu. Di pulau Jawa terdapat tiga buah kerajaan masa Hindu Budha, kerajaan-kerajaan itu adalah Taruma, Ho-Ling, dan Kanjuruhan. Di dalam perekonomian dan industri salah satu aktivitas masyarakat adalah bertani dan berdagang dalam proses integrasi bangsa. Dari aspek lain karya seni dan satra juga telah berkembang pesat antara lain seni musik, seni tari, wayang, lawak, dan tari topeng. Semua itu sebagian besar terdokumentasikan pada pahatan-pahatan relief dan candi-candi.
2.      Peranan Wali Songo dan Metode Pendekatannya
Era Wali Songo adalah era berakhirnya dominasi Hindu-Budha dalam budaya Nusantara untuk digantikan dengan kebudayaan Islam. Wali Songo adalah simbol penyebaran Islam di Indonesia, khususnya di Jawa peranan Wali Songo sangat besar dalam mendirikan kerajaan Islam di Jawa.
Di Pulau Jawa, penyebaran agama Islam dilakukan oleh Walisongo (9 wali). Wali ialah orang yang sudah mencapai tingkatan tertentu dalam mendekatkan diri kepada Allah. Para wali ini dekat dengan kalangan istana. Merekalah orang yang memberikan pengesahan atas sah tidaknya seseorang naik tahta. Mereka juga adalah penasihat sultan. Karena dekat dengan kalangan istana, mereka kemudian diberi gelar sunan atau susuhunan (yang dijunjung tinggi). Kesembilan wali tersebut adalah sebagai berikut :
-          Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim). Inilah wali yang pertama datang ke Jawa pada abad ke-13 dan menyiarkan Islam di sekitar Gresik. Dimakamkan di Gresik, Jawa Timur.
-          Sunan Ampel (Raden Rahmat). Menyiarkan Islam di Ampel, Surabaya, Jawa Timur. Beliau merupakan perancang pembangunan Masjid Demak.
-          Sunan Drajad (Syarifudin). Anak dari Sunan Ampel. Menyiarkan agama di sekitar Surabaya. Seorang sunan yang sangat berjiwa sosial.
-          Sunan Bonang (Makdum Ibrahim). Anak dari Sunan Ampel. Menyiarkan Islam di Tuban, Lasem, dan Rembang. Sunan yang sangat bijaksana.
-          Sunan Kalijaga (Raden Mas Said/Jaka Said). Murid Sunan Bonang. Menyiarkan Islam di Jawa Tengah. Seorang pemimpin, pujangga, dan filosof. Menyiarkan agama dengan cara menyesuaikan dengan lingkungan setempat.
-          Sunan Giri (Raden Paku). Menyiarkan Islam di Jawa dan luar Jawa, yaitu Madura, Bawean, Nusa Tenggara, dan Maluku. Menyiarkan agama dengan metode bermain.
-          Sunan Kudus (Jafar Sodiq). Menyiarkan Islam di Kudus, Jawa Tengah. Seorang ahli seni bangunan. Hasilnya ialah Masjid dan Menara Kudus.
-          Sunan Muria (Raden Umar Said). Menyiarkan Islam di lereng Gunung Muria, terletak antara Jepara dan Kudus, Jawa Tengah. Sangat dekat dengan rakyat jelata.
-          Sunan Gunung Jati (Syarif Hidayatullah). Menyiarkan Islam di Banten, Sunda Kelapa, dan Cirebon. Seorang pemimpin berjiwa besar.
Salah satu cara penyebaran agama Islam yang dilakukan oleh para Wali tersebut ialah dengan cara mendakwah. Penyebaran Islam melalui dakwah ini berjalan dengan cara para ulama mendatangi masyarakat (sebagai objek dakwah), dengan menggunakan pendekatan sosial budaya. Pola ini memakai bentuk akulturasi, yaitu menggunakan jenis budaya setempat yang dialiri dengan ajaran Islam di dalamnya. Di samping itu, para ulama ini juga mendirikan pesantren-pesantren sebagai sarana pendidikan Islam.
3.      Islam Di Jawa Paska Wali Songo
Setelah para Wali menyebarkan ajaran Islam di pulau Jawa, kepercayaan animisme dan dinamisme serta budaya Hindu-Budha sedikit demi sedikit berubah atau termasuki oleh nilai-nilai Islam. Hal ini membuat masyarakat kagum atas nilai-nilai Islam yang begitu besar manfa’atnya dalam kehidupan sehari-hari sehingga membuat mereka langsung bisa menerima ajaran Islam. Dari sini derajat orang-orang miskin mulai terangkat yang pada awalnya tertindas oleh para penguasa kerajaan. Islam sangat berkembang luas sampai ke pelosok desa setelah para Wali berhasil mendidik murid-muridnya. Salah satu generasi yang meneruskan perjuangan para Wali sampai Islam tersebar ke pelosok desa adalah Jaka Tingkir. Islam di Jawa yang paling menonjol setelah perjuangan para Wali songo adalah perpaduan adat Jawa dengan nilai-nilai Islam, salah satu diantaranya adalah tradisi Wayang Kulit.
Menyelisik Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia, Setidaknya, ada enam pendapat tentang masuknya Islam ke Indonesia.
Pertama, Islam yang masuk dan berkembang di Indonesia berasal dari Jazirah Arab atau bahkan dari Makkah pada abad ke-7 M, pada abad pertama Hijriah. Pendapat ini adalah pendapat Hamka, salah seorang tokoh yang pernah dimiliki Muhammadiyah dan mantan ketua MUI periode 1977-1981. Hamka yang sebenarnya bernama Haji Abdul Malik bin Abdil Karim mendasarkan pendapatnya ini pada fakta bahwa mazhab yang berkembang di Indonesia adalah mazhab Syafi’i. Menurutnya, mazhab Syafi’i berkembang sekaligus dianut oleh penduduk di sekitar Makkah. Selain itu, yang tidak boleh diabaikan adalah fakta menarik lainnya bahwa orang-orang Arab sudah berlayar mencapai Cina pada abad ke-7 M dalam rangka berdagang. Hamka percaya, dalam perjalanan inilah, mereka singgah di kepulauan Nusantara saat itu.
Kedua, Islam dibawa dan disebarkan di Indonesia oleh orang-orang Cina. Mereka bermazhab Hanafi. Pendapat ini disimpulkan oleh salah seorang pegawai Belanda pada masa pemerintahan kolonial Belanda dulu. Sebelum Indonesia merdeka, orang-orang Belanda pernah menguasai hampir seluas Indonesia sekarang sebelum ditaklukkan oleh tentara Jepang pada 1942. Tepatnya pada 1928, Poortman memulai penelitiannya terhadap naskah Babad Tanah Jawi dan Serat Kanda. Tidak berhenti di situ, ia melanjutkan penelitiannya terhadap naskah-naskah kuno Cina yang tersimpan di klenteng-klenteng Cina di Cirebon dan Semarang. Ia pun sempat mencari naskah-naskah kuno di sebuah klenteng di Batavia, Jakarta dulu. Hasil penelitiannya itu disimpan dengan keterangan Uitsluiten voor Dienstgebruik ten Kantore, yang berarti “Sangat Rahasia Hanya Boleh Digunakan di Kantor”. Sekarang disimpan di Gedung Arsip Negara Belanda di Den Haap, Belanda. Pada 1962, terbit buku Pongkinangolngolan Sinambela Gelar Tuanku Rao yang ditulis Mangaradja Onggang Parlindungan. Dalam buku ini dilampirkan juga naskah-naskah kuno Cina yang pernah diteliti oleh Poortman.
Ketiga, Islam yang masuk ke Indonesia berasal dari Gujarat pada abad ke-12 M. Islam dibawa dan disebarkan oleh pedagang-pedagang Gujarat yang singgah di kepulauan Nusantara. Mereka menempuh jalur perdagangan yang sudah terbentuk antara India dan Nusantara.
Pendapat ketiga ini adalah pemdapat Snouck Hurgronje, seorang penasehat di bidang bahasa-bahasa Timur dan hukum Islam untuk pemerintah kolonial Belanda. Ia mengambil pendapat ini dari Pijnapel, seorang pakar dari Universitas Leiden, Belanda, yang sering meneliti artefak-artefak peninggalan Islam di Indonesia. Pendapat Pijnapel ini juga dibenarkan oleh J.P. Moquette yang pernah meneliti bentuk nisan kuburan-kuburan raja-raja Pasai, kuburan Sultan Malik Ash-Shalih. Nisan kuburan Maulana Malik Ibrahim di Gresik, Jawa Timur, juga ditelitinya. Dan ternyata sangat mirip dengan bentuk nisan-nisan kuburan yang ada di Cambay, Gujarat. Rupanya, pendapat Moquette yang memperkuat pendapat Pijnapel dan Hurgronje disanggah oleh S.Q. Fatimi. Pendapat Fatimi adalah nisan-nisan kuburan yang ada di Aceh dan Gresik justru lebih mirip dengan bentuk nisan-nisan kuburan yang ada di Benggala, sekitar Bangladesh sekarang. Lebih jauh lagi, Fatimi percaya, pengaruh-pengaruh Islam di Benggala itu banyak ditemui dalam Islam yang berkembang di Nusantara dulu. Oleh karena itu, Islam yang ada di Indonesia ini sebenarnya berasal dari Bangladesh. Pendapat ini adalah pendapat keempat. Pendapat Moquette juga disanggah oleh G.E. Marrison. Marrison malah yakin, bahwa Islam yang datang ke Indonesia berasal dari Pantai Coromandel, India Selatan. Alasannya, pada abad ke-13 M, Gujarat masih menjadi sebuah kerajaan Himdu, sedang di Pantai Coromandel Islam telah berkembang. Marrison juga berpendapat, para pembawa dan penyebar Islam yang pertama ke Indonesia adalah para Sufi India. Mereka menyebarkan Islam di Indonesia dengan pendekatan tasawwuf pada akhir abad ke-13 M. Waktu itu, masih terhitung belum lama dari peristiwa penyerbuan Baghdad oleh orang-orang Mongol. Penyerbuan yang dimaksud memaksa banyak Sufi keluar dari zawiyah-zawiyah mereka dan melakukan pengembaraan ke luar wilayah Bani Abbasiyah, seperti ke ujung Persia atau bahkan ke India.
            Sebelum Marrison mengemukakan pendapatnya, T.W. Arnold telah meyakini bahwa Islam di Indonesia juga dibawa atau berasal dari Pantai Coromandel dan Malabar, India. Karena itu, banyak yang beranggapan bahwa Marrison memperkuat pendapat Arnold itu Setelah kelima pendapat itu, Hoesein Djajaningrat mengemukakan pendapat keenam tentang masuknya Islam di Indonesia. Djajaningrat dikenal sebagai orang Indonesia pertama yang mempertahankan disertasi di Universitas Leiden, Belanda, pada 1913. Disertasinya itu berjudulCritische Beschouwing van de Sadjarah Banten (Pandangan Kritis mengenai Sejarah Banten). Menurutnya, Islam yang masuk ke Indonesia berasal dari Persia. Djajaningrat beralasan, peringatan 10 Muharram atau hari Asyura sebagai hari kematian Husein bin Ali bin Abi Thalib yang ada di Indonesia berasal dari perayaan kaum Syiah di Persia. Peringatan 10 Muharram itu lebih dikenal sebagai perayaan Hari Karbala. Djajaningrat juga yakin dengan pendapat ini, karena keberadaan pengaruh bahasa Persia di beberapa tempat di Indonesia. Selain itu, keberadaan Syeikh Siti Jenar dan Hamzah Fansuri dalam sejarah Indonesia menandakan adanya pengaruh ajaran wihdatul wujud Al-Hallaj, seorang Sufi ekstrim yang berasal dari Persia. Dapat terlihat bahwa perbedaan pendapat itu terjadi karena dasar-dasar berpikir yang dipakai dalam membangun pendapat. Pijnapel, Hurgronje, Marrison, Moquette, Fatimi lebih mempercayai bukti-bukti kongret yang masih bisa diyakini secara pasti, bukan perkiraan. Karena itu, pendapat-pendapat mereka lebih logis, meskipun bisa menuntut mereka untuk percaya bahwa Islam pertama kali berkembang di Indonesia pada sekitar abad ke-13 M, lebih belakangan ketimbang agama Hindu dan Buddha. Berbeda dari pendapat Residen Poortman. Meski berdasarkan catatan-catatan Cina yang tersimpan bertahun-tahun, masih ada kemungkinan salah tafsir atas pernyataan-pernyataan tertulis yang ada di di dalamnya. Dan juga: masih besar kemungkinan adanya manipulasi data tanpa sepengetahuan para pembaca. Pendapat Hamka bahkan lebih mudah lagi untuk terjerumus ke dalam bentuk syak yang belum tentu bisa dibuktikan kebenarannya. Pendapatnya berdasarkan perkiraan-perkiraan pribadi. Pendapatnya tidak ditunjang oleh data sejarah yang kongkret. Sangat kecil kemungkinan pendapatnya untuk benar.
            Demikian pula, kiranya, dengan pendapat Djajaningrat. Bisa jadi persamaan-persamaan yang dikemukakan dalam pendapatnya itu hanya kebetulan-kebetulan yang mirip pada objek. Akan tetapi, hampir setiap pendapat itu memiliki konsekuensi. Jika seseorang memercayainya suatu pendapat dari pendapat-pendapat itu, maka, bagaimana pun, ia mesti menerima konsekuensi-konsekuensi yang ada. Seperti jika percaya pendapat bahwa Islam dibawa masuk dari Persia, sedikit banyaknya, akan membuat kita berpikir, para penyebar Islam pertama kali di Nusantara adalah orang-orang Syiah. Dan karena itu, Syiah adalah bentuk akidah pertama yang diterima di Indonesia. Baru setelah itu Islam Ahlus Sunnah wal Jama’ah yang berkembang. Apabila kita memercayai Islam yang masuk di Indonesia berasal dari Jazirah Arab pada abad ke-7 M, berarti orang-orang di Nusantara telah mengenal dakwah Islam sejak masa para sahabat masih hidup. Artinya, ketika para tabi’in ramai-ramai menuntut ilmu agama pada para sahabat Nabi, segelintir orang di Nusantara juga telah mengenal Islam yang sama pada waktu itu. Hanya jarak yang memisahkan mereka. Demikian pula, jika kita menerima pendapat bahwa Islam berasal dari Pantai Coromandel, India Selatan. Jika pendapat ini yang kita terima, maka bisa dipastikan para pemeluk pemula Islam di Indonesia adalah orang-orang yang berakidah dengan akidah Sufi atau setidaknya mengenal Islam lewat kacamata tasawuf.